Assalamualaikum kuncimedia, Salam
Berbudi...Pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) hal yang harus dipenuhi yakni
beberapa pedoman atau prinsip. Karena dengan guru mempunyai prinsip maka hasil
dari PTK dapat secara maksimal.
Prinsip-prinsip
PTK yang harus guru lakukan adalah sebagai berikut ;
- PTK
dilakukan dalam lingkungan pembelajaran yang alamiah artinya PTK harus
dilakukan tampa mengubah situasi dan jadual pelajaran.
Adanya
inisiatif dari guru untuk meperbaiki proses pembelajaran artinya guru dituntut
untuk lebih peka terhadap prestasi
belajar siswa-siswinya. Karena dengan kepekaan inilah yang akan mendorong kemauan guru untuk
meperbaiki proses pembelajaran. Guru setelah melakukan pembelajaran dikelas dan
melakukan evaluasi hasil belajar maka guru harus melakukan refleksi dari hasl tersebut apakah ada persoalan-persoalan yang
muncul. Disini guru harus jujur dan objektif maka akan menemukan persoalan
secara internal dan eksternal. Faktor internalnya biasanya berasal dari siswa
atau guru tesebut. Sedangkan fakor eksternalnya yakni sarana prasarana,
keluarga dan ekonomi. Bila guru sudah menyumpulkan persoalan yang tumbul maka
perlu dilakukan PTK untuk meningkatkan pembelajaran siswa dikelas.
- Menggunakan
analisis SWOT sebagai dasar tindakan. Pada PTK harus dimulai dengan melakukan
analisis SWOT yaitu kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman. PTK akan dapat
berlangsung apabila terjadi kesesuaian antara guru dan siswa. Dari Analisis
SWOT, dua unsur untuk guru yakni kekuatan dan kelemahan sedangkan untuk siswa
yakni kesempatan dan acaman.
- Adanya
upaya kongkret yang haruus diterapkan dari tindak lanjut melakukan analisis SWOT. Sebagai inisiatif
baru dalam PTK haruus mendapatkan bantuan dari berbagai unsur yang mendapat berlansungnya PTK dari awal
sampai selesai.
- Merencanakan
dengen SMART artinya berdasarkan prinsip SMART (Spesifik, Manageable,
Acceptable, Realistic dan Time-bound) guru
harus melakukan penelitian harus mengkomunikasikannya dengan siswa terlebih
dahulu, apa inisiatif guru dan apa yang akan dilakukan serta perangkat apa yang
akan digunakan. Hal ini dilakukan untuk membuat kesepakatan apaka siswa mampu
inisiatif guru atau tidak. Kesempatan ini akan menumbuhkan tanggungjawab pada
diri siswa untk sepenuhnya melakukan apa yang akan dilakukan guru dalam
penelitian (Referensi dari Buku panduan PTK terbitan divapress-online.com)
Semoga
dengan uraian-uraian prinsip dalam PTK makan akan memberikan kemudahan guru
dalam melakukan penelitian.