Assalamualaikum Sahabat Kuncimedia
Salam Berbudi....Perangkat pembelajaran Fisika SMK Teknologi yang disusun oleh Budi laksono, S.Pi SMKN 6 Tebo sudah lengkap dari Prota, Prosem, Pengembangan Silabus,Perangkat Penilaian, KKM sampai RPP dari kelas X sampai XII.
Fisika SMK Teknologi KTSP hanya terbagi menjadi 15 bab dimana untuk kelas XII hanya terdiri 3 Bab yakni listrik statis dan dinamis, listrik arus searah, dan listrik arus bolak balik. Dibawah ini adalah RPP Fisika SMK tentang listrik arus bolak balik sebagai berikut :
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMKN 6 TEBO
Mata
Pelajaran : FISIKA
Program Keahlian : Multimedia /
Otomotif
Kelas /
Smester : XII /2
Pertemuan : 1, 2, 3,
4 dan 5
Alokasi Waktu : 10 x 45
menit
Alokasi Waktu Praktik : 2 (4 Jam) x 45
menit
A.
Standar
Kompetensi
Menerapkan konsep
listrik arus bolak-balik
B.
Kompetensi
Dasar
1.
Menguasai hukum kelistrikan arus bolak-balik
2.
Menguasai hubungan antara tegangan,
impedansi dan arus
3.
Menghitung daya dan energi listrik
arus bolak-balik
C.
Indikator
1.
Membandingkan karakteristik alat ukur dan besaran (arus,
tegangan dan hambatan) dalam rangkaian arus listrik bolak-balik
2.
Mendeskripsikan aplikasi dari rangkaian listrik bolak
balik
3.
Menentukan dan merumuskan
nilai efektif dan nilai rata-rata dalam rangkaian listrik AC
4.
Cara membaca nilai amplitudo, frekuensi dan fase tegangan
AC yang ditunjukkan oleh osiloskop
5.
Menguraikan hubungan nilai efektif dengan maksimum
besaran sinusioda
6.
Menjabarkan hubungan hambatan R, induktor dan kapasitor
dalam rangkaian AC
7.
Menentukan tegangan maksimum dalam rangkaian RLC dengan mengunakan
analisis diagram fasor
8.
Menentukan perumusan impendasi dan sudut fase pada
rangkaian RLC
9.
Mengidentifikasi peristiwa resonansi pada rangkaian RLC
10.
Menentukan frekuensi resonansi pada rangkaian RLC seri
dan paralel melalui percobaan
11.
Merumuskan dalam bentuk formulasi matematis daya dan
energi listrik arus bolak-balik
12.
Menngaplikasikan rumusan daya dan energi arus bolak-balik
yang digunakan dalam perhitungan masalah kelistrikan dalam kehidupan
sehari-hari.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, di harapkan
siswa dapat :
1.
Membandingkan karakteristik alat ukur dan besaran (arus,
tegangan dan hambatan) dalam rangkaian
arus listrik bolak-balik
2.
Mendeskripsikan aplikasi dari rangkaian listrik bolak
balik
3.
Menentukan dan merumuskan
nilai efektif dan nilai rata-rata dalam rangkaian listrik AC
4.
Cara membaca nilai amplitudo, frekuensi dan fase tegangan
AC yang ditunjukkan oleh osiloskop
5.
Menguraikan hubungan nilai efektif dengan maksimum
besaran sinusioda
6.
Menjabarkan hubungan hambatan R, induktor dan kapasitor
dalam rangkaian AC
7.
Menentukan tegangan maksimum dalam rangkaian RLC dengan
mengunakan analisis diagram fasor
8.
Menentukan perumusan impendasi dan sudut fase pada
rangkaian RLC
9.
Mengidentifikasi peristiwa resonansi pada rangkaian RLC
10.
Menentukan frekuensi resonansi pada rangkaian RLC seri
dan paralel melalui percobaan
11.
Merumuskan dalam bentuk formulasi matematis daya dan
energi listrik arus bolak-balik
12.
Menngaplikasikan rumusan daya dan energi arus bolak-balik
yang digunakan dalam perhitungan masalah kelistrikan dalam kehidupan
sehari-hari.
Karakter
siswa yang akan dikembangkan setelah mempelajari bab ini adalah:
Kerja
Keras, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Cermat, Teliti.
E.
Materi
Pembelajaran
·
Hukum kelistrikan arus bolak-balik
·
Nilai efektif dan Nilai rata-rata
·
Tegangan, impendansi dan arus
·
Aplikasi konsep daya dan Energi listrik arus bolak-balik
F.
Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Pemberian Tugas
5.
Eksperimen
G.
Langkah –
Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
· Guru memberikan stimulus respon kepada siswa
untuk mengetahui kemampuan awal siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan
· Guru menanggapi jawaban siswa dan kemudian
menjelaskan tentang materi yang akan di pelajari
2.
Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
1.
Siswa di minta menyebutkan besaran-besaran fisis dan satuannya
yang digunakan dalam alat ukur listrik arus bolak-balik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
2.
Siswa di minta membaca litertature tentang alat ukur dan besaran-besaran fisis.
Literture boleh gunakan buku/modul fisika dengan materi yang sama tentang arus
listrik bolak-balik
3.
Siswa di minta untuk melakukan observasi tentang karakteristk alat ukur listrik bolak-balik
secara berkelompok
4.
Siswa di minta melakukan pengukuran besaran
fisis (arus, tegangan dan hambatan) pada rangkaian uamng
dihubungkan dengan sumber arus listrik bolak-balik.
·
Elaborasi
1.
Guru memberikan contoh secara
singkat cara obsevasi karakteristik salah satu alat ukur dan cara mengitung
pengukuran besaran tersebut.
2.
Guru membimbing dan mengarahkan siswa dalam melakukan
observasi karakteristik alat ukur arus bolak balik.
3.
Guru memfasilitasi siswa agar pemahaman siswa
tentang materi yang sedang di bahas menjadi lebih baik dengan cara memberikan
salah satu soal pada buku pintar fisika 2 oleh kamajaya penerbit
ganesha atau fisika 2 K13 dan fisika 3 KTSP bidang keahlian
teknologi dan rekayasa oleh sudirman penerbit airlangga atau literature yang ada.
4.
Guru memberikan kesempatan siswa untuk mempresentasikan hasil obsevasi alat ukur listrik dan
pengukuran besarannya di kelompoknya masing-masing.
·
Konfirmasi
1.
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa
tentang materi yang sudah di pelajari
3.
Kegiatan penutup
· Guru membimbing siswa untuk memberikan kesimpulan
hasil obsevasi tentang materi karakteritik alat ukur
listrik arus bolak-balik dan dikumpulkan serta dituliskan anggota kelompoknya.
·
Guru memberikan tugas rumah untuk mengetahui
ketercapaian indicator dan kompetensi berupa latihan soal pada buku fisika SMK
dan SMK yang berkaitan
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
· Guru memberikan stimulus respon kepada siswa
untuk mengetahui kemampuan awal siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan
· Guru menanggapi jawaban siswa dan kemudian
menjelaskan tentang materi yang akan di pelajari
2.
Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
1.
Siswa di minta membaca materi yang mau dibahas selama 10 menit
2.
Siswa di minta menjelaskan apa yang dimaksud dengan
tegangan, kuat arus dan hambatan yang pernah dipelajari sebelumnya.
3. Siswa di minta menyiapkan materi/literature
dari buku atau modul yang ada untuk menyiapkan diskusi.
4.
Siswa dibagi menjadi 6 kelompok dan setiap kelompok
mendiskusikan selama 20 menit, dan membuat hasil untuk dipesentasikan selama 7
menit dan setiap kelompok mepresentasikan hasil diskusinya didepan kelas selama
8 menit.
5.
Kelompok 1dan 2 berdiskusi tentang fungsi dan prinsip
kerja osiloskop
6.
Kelompok 3 dan 4 berdiskusi untuk melakukan pengukuran
tegangan dan arus bolak-balik dengan
menggunakan osiloskop
7.
Kelompok 5 dan 6 berdiskusi menghitung nilai efektif dan maksimum dari
tegangan dan arus bolak-balik yang terbaca dari grafik pada osiloskop
·
Elaborasi
1.
Guru memfasilitasi buku dan
litertature dan alat yang berhubungan dengan materi diskusi yang dibahas menjadi
lebih baik
2. Guru membimbing dan mengarahkan siswa dalam tata cara
berdiskusi sesuai peraturan yang ditetapkan
3. Guru keliling melihat hasil diskusi
perkelompok dan mengarahkan bila salah dalam pengamatan
·
Konfirmasi
1.
Guru memberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk
mepresentasikan hasil diskusi di depan kelas
3.
Kegiatan penutup
·
Guru membimbing siswa untuk memberikan kesimpulan
dari hasil diskusi
· Guru menginformasi praktik
yang harus dilakukan untuk minggu depan dan menyiapkan alat dan bahannya. Dan
siswa juga mencari materi yang terkait di internet untuk dibawa minggu depan.
Pertemuan
Ketiga
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Guru mengingatkan alat dan bahan yang sudah diinformasikan kepada siswa pada minggu sebelumnya.
·
Melalui praktik ini, guru mengungkapkan
pengetahuan siswa tentang materii listrik arus bolak-balik
akan bertambah dan lebih memahami bila ada permasalahan listrik di kehidupan
sehari-hari .
2.
Kegiatan inti
·
Eksplorasi
1. Siswa di minta membaca literature tentang
membuat rangkaian RLC dan variabel pada rangkaian yakni tegangan, arus dan impedansi.
2.
Siswa di minta membuat kelompok yang masing-
masing kelompok terdiri atas maksimal 6 orang siswa.
3.
Siswa di minta duduk secara berkelompok.
4.
Siswa di minta menyiapkan alat dan bahan
seperti : kit listrik magnet, Osiloskop , catur daya dan AVO meter.
5.
Siswa di minta melakukan percobaan dengan prosedur yang benar untuk membuat rangkaian RLC dengan
mengobservasi faktor-faktor fisis (tegangan, arus dan impendasi) sebagai
variabel dalam rangkaian kemudian menetukan frekuensi resonansi pada rangkaian
tersebut.
6. Siswa diminta membuat laporan hasil
diskusi praktik sederhana yang meliputi
hasil pengamatan, analisa data dan kesimpulan.
7.
Siswa diminta untuk menjelaskan hasil
kegiatan yang telah dilakukan.
·
Elaborasi
1.
Guru membimbing jalannya kegiatan yang
berlangsung dengan baik dan benar.
2. Guru memfasilitasi agar pemahaman siswa
tentang materi yang dibahas menjadi lebih baik misalnya dengan memberikan
masukan tentang kegiatan yang telah dilaksanakan.
3. Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya
tentang hal-hal yang belum diketahui berkaitan dengan materi yang di pelajari.
· Konfirmasi
1.
Guru memberikan pertanyaan berkaitan dengan
materi yang di pelajari.
3.
Kegiatan Penutup
·
Guru membimbing siswa untuk memberikan
kesimpulan atas percobaan/ eksperimen yang di lakukan.
·
Guru memberikan tugas rumah untuk mengetahui
ketercapaian indikator dan kompetensi berupa latihan soal pada buku fisika SMK dan SMA
Pertemuan
Keempat
1.
Kegiatan Pendahuluan
· Guru mengingatkan tugas yang diberikan minggu kemarin
pada keseluruh siswa untk dikumpulkan
· Melalui diskusi ini, guru mengungkapkan
pengetahuan siswa tentang materi daya dan energy listrik arus
bolak-balik akan bertambah dan lebih memahami bila ada permasalahan listrik di
kehidupan sehari-hari .
2.
Kegiatan inti
·
Eksplorasi
1.
Siswa di minta membaca literature tentang daya dan energi listrik arus bolak-balik selama 15 menit
2.
Siswa di minta membuat kelompok yang masing-
masing kelompok terdiri atas maksimal 4 orang siswa.
3.
Siswa di minta duduk secara berkelompok.
4. Siswa di minta secara berkelompok mengobservasi fungsi dan prinsip
kerja kWh Meter kemudian menhitung
energi listrik yang dikosumsi yang terpasang pada instalasi sekolah dengan
membaca kWh meter.
5. Siswa diminta membuat laporan hasil
diskusi praktik sederhana yang meliputi
hasil pengamatan, analisa data dan kesimpulan.
6.
Siswa diminta untuk menjelaskan hasil
kegiatan yang telah dilakukan.
·
Elaborasi
1.
Guru membimbing jalannya kegiatan yang
berlangsung dengan baik dan benar.
2.
Guru memfasilitasi agar pemahaman siswa
tentang materi yang dibahas menjadi lebih baik misalnya dengan memberikan
masukan tentang kegiatan yang telah dilaksanakan.
3. Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya
tentang hal-hal yang belum diketahui berkaitan dengan materi yang di pelajari.
· Konfirmasi
1. Guru memberikan pertanyaan berkaitan dengan
materi yang telah didiskusikan secara berkelompok tersebut.
2.
Kegiatan Penutup
·
Guru membimbing siswa untuk memberikan
kesimpulan hasil diskusi dan dikumpulkannya.
·
Guru menginformasikan ujian
harian untuk minggu depan dari sub bab awal sampai akhir.
·
Guru mengingatkan siswa untuk target per individu dalam
ujian harian dan harus tercapai.
·
Guru memberikan tugas untuk menghitung energi listrik
diinstalasi dirumah masing-masing dengan membaca data dari kWh meter.
Pertemuan Kelima : Ujian Blok
H.
Alat,
sumber dan bahan
1.
Alat dan bahan :
Alat : Kit listrik magnet, osiloskop, AVO meter, dan catur daya
Bahan : -
2.
Sumber belajar :
a.
Buku penuntun belajar Fisika 2
Bidang Teknologi dan Rekayasa untuk SMK dan MAK XI K13 oleh
Sudirman penerbit Erlangga
b.
Buku penuntun belajar Fisika 2 Bidang Teknologi dan
Kesehatan untuk SMK dan MAK XII KTSP oleh Sudirman penerbit Erlangga
c.
Buku pendukung Pintar Fisika 2 edisi kedua oleh Kamajaya
penerbit Ganesa.
d.
Buku pendukung Fisika SMA XII KTSP oleh Marthen Kanginan penerbit Erlangga
e.
Buku – buku yang relevan
f.
LKS
g.
Inter
I.
Penilaian
Indikator
|
Jenis
Tugas
|
Bentuk
Tugas
|
Instrument
|
1. Membandingkan karakteristik alat ukur dan besaran (arus, tegangan dan
hambatan) dalam rangkaian arus listrik
bolak-balik
2. Mendeskripsikan aplikasi dari rangkaian listrik bolak balik
3. Menentukan dan merumuskan nilai
efektif dan nilai rata-rata dalam rangkaian listrik AC
4. Cara membaca nilai amplitudo, frekuensi dan fase tegangan AC yang
ditunjukkan oleh osiloskop
5. Menguraikan hubungan nilai efektif dengan maksimum besaran sinusioda
6. Menjabarkan hubungan hambatan R, induktor dan kapasitor dalam rangkaian
AC
7. Menentukan tegangan maksimum dalam rangkaian RLC dengan mengunakan analisis
diagram fasor
8. Menentukan perumusan impendasi dan sudut fase pada rangkaian RLC
9. Mengidentifikasi peristiwa resonansi pada rangkaian RLC
10. Menentukan frekuensi resonansi pada rangkaian RLC seri dan paralel
melalui percobaan
11. Merumuskan dalam bentuk formulasi matematis daya dan energi listrik arus
bolak-balik
12. Menngaplikasikan rumusan daya dan energi arus bolak-balik yang digunakan
dalam perhitungan masalah kelistrikan dalam kehidupan sehari-hari.
|
1. Tugas
individu.
2. Performa.
3. Tes
tertulis
4. Ulangan
harian
|
1. Produk
2. Unjuk
kerja
3. Laporan
hasil pengamata
( observasi )
4. Pengamatan
sikap
|
1.
LKS
2.
Soal test pilihan gand
|
Contoh Instrumen
1. Sebuah resistor 100 Ω, induktor 2000 mH, dan kapasitor 100 µF disusun
secara seri dan dihubungkan dengan sumber AC (Vm = 220 √2 V dan w = 100 rad/s).
Hitunglah impedansi rangkaian.
Diketahui : R =
100 Ω, L = 2000 mH = 2 H, C = 100 µF = 10-4 F, Vm = 220 √2 V, w = 100 rad/s. Ditanya : Z ?
Jawaban : mencari terlebih dahulu Reaktansi induksi (XL) dan kapasitif (XC)
XL= wL = 100 x 2 = 200 Ω
dan XC=1/wC = 1/0,01 = 100 Ω
Maka Z = √R2+( XL- XC)2
= √1002+(200-100)2
= 100√2Ω
Mengetahui Kabupaten
Tebo,.............2015
Kepala sekolah SMKN 6 Kabupaten Tebo Guru Mata
Pelajaran
Muhammad Tasripan, S.Pd Budi
Laksono, S.Pi
NIP. 19720824200501005 NIP.