Assalamualaikum Sahabat kuncimedia
Salam Berbudi....SMKN 6 Tebo dalam bulan ini sedang menyiapkan akreditasi yang akan dilaksanakan pada akhir bulan April atau awal Mei 2016.
Dibawah ini adalah salah satu contoh program tahunan kompetensi keahlian Multimedia sebagai salah satu syarat penentu Akreditasinya
SMKN 6
KABUPATEN TEBO
|
|
PROGRAM
KERJA KETUA JURUSAN
MULTIMEDIA
Tahun
2015 
|
|
DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAH
RAGA
KABUPATEN TEBO
HALAMAN PENGESAHAN
Program
Kerja Ketua Jurusan Kurikulum SMKN 6 TEBO TahunPelajaran 2015 - 2016 telah
disahkan oleh Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah pada :
Hari : Senin
Tanggal : 27 Juli 2015
Penyusun
Nico Indra Cahyono
Nip. 19810420 200902 1 005
Disahkan
oleh
KEPALA SEKOLAH, WAKA.
KURIKULUM
M.TASRIPAN,
S.Pd, MM MUSTOFA,S.Pd
NIP. 19720824 200501 1 005 NIP. 19860908 201001
1 001
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat
menyelesaikan Program Kerja Ketua Kompetensi Keahlian Multimedia SMKN 6 TEBO Tahun
Pelajaran 2015/2016 sesuai dengan rencana.
Dengan telah selesainya laporan ini,
kami menyampaikan
ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam proses
penyelesaian penyusunan program kerja ini dalam bentuk bantuan moral maupun
material dan langsung maupun tak langsung, semoga amal perbuatan saudara mendapat
pahala dari Allah Swt.
Akhirnya, mudah-mudahan program kerja ini bermanfaat dan
kami selalu terbuka dengan saran dan kritik dari
seluruh warga SMKN 6 TEBO sehingga dapat menjadi pengalaman yang lebih baik di
masa mendatang demi sempurnanya dalam penyusunan Program Kerja Ketua Kompetensi
Keahlian Multimedia SMK Negeri 6 Kabupaten Tebo tahun
berikutnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
SaptaMulia, Juli
2015
Nico
Indra Cahyono,
Nip.
19810420 200902 1 005
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB 1
PENDAHULUAN 1
Latar Belakang 1
Visi Misi dan
Tujuan Sekolah 1
Tujuan Pembuatan
Program 2
BAB II PROGRAM
KERJA 3
Struktur
Organisasi 3
Uraian Tugas 4
Program Kerja 6
Rencana
Pelaksanaan 8
BAB III PENUTUP 10
Lampiran 11
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
SMKN 6 TEBO adalah salah satu sekolah yang berada di desa Sapta
Mulia Rimbo Bujang dimana jumlah kelasnya
mencapai 8 kelas, dengan menyelenggarakan pendidikan Kompetensi
Keahlian: Administrasi Perkantoran, Multimedia,
Otomotif, yang akan menghasilkan
lulusan siap untuk memasuki dunia kerja atau pun melanjutkan pendidikan. Untuk mencapai hal itu maka proses pendidikan
dan pembelajaran harus mengacu dan sesuai dengan kurikulum yang
berlaku sesuai dengan VISI, MISI dan TUJUAN SEKOLAH.
Dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah maka
Kompetensi Keahlian Multimedia harus
senantiasa mengikuti perkembangan kurikulum yang selalu disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah
serta perkembangan dunia kerja atau dunia
pendidikan.
Sebagai acuan dalam menerapkan
kurikulum guna kelancaran proses kegiatan belajar mengajar maka Ketua Kompetensi
Keahlian Multimedia Menyusun program kerja
yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.
Penyusunan program kerja juga merupakan
pendukung kelengkapan administrasi SMKN 6 TEBO dalam menerapkan sistem manajemen
yang lebih baik sebagai prasyarat sekolah meraih predikat : Sekolah Standar
Nasional.
B. VISI MULTIMEDIA SMKN 6 TEBO
Mewujudkan
Siswa-siswi Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Negeri 6 Tebo sebagai
Siswa-siswi yang unggul dan mandiri dibidang Multimedia.
MISI
MULTIMEDIA SMKN 6 TEBO
1.
Unggul dan Mandiri bekerja dalam bidang
keahlian multimedia, baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan di
dunia usaha / industri sebagai tebnaga kerja tingkat menengah.
2.
Unggul dan mandiri berkompetensi di
dunia usaha / industri multimedia sebagai tenaga ahli / profesi.
3.
Unggul dan mandiri dalam mengembangkan
sikap propesional dalam keahlian multimedia.
4.
TUJUAN
MULTIMEDIA
1.
Mengembangkan sikap propesional,
khususnya berkaitan bidang multimedia
2.
Mengembangkan diri, khususnya dalam
bidang multimedia
3.
Mengelola usaha multimedia
4.
Mengelola pemasaran multimedia
C. Tujuan
Pembuatan Program Kerja
1.
Untuk mendukung tercapainya visi, misi dan tujuan sekolah
2.
Sebagai pedoman kerja Ketua Kompetensi Keahlian Multimedia
3.
Sebagai evaluasi kerja Ketua Kompetensi Keahlian Multimedia
BAB II
PROGRAM KERJA
A. STRUKTUR
ORGANISASI KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA
SMK NEGERI 6 TEBO TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016 TERLAMPIR
B. URAIAN
TUGAS
URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI
PERSONEL
KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA
SMK NEGERI 6 TEBO
NO
|
JABATAN
|
URAIAN
TANGGUNG JAWAB DAN TUGAS
|
|
Kepala Jurusan
|
TANGGUNG JAWAB
·
Bertanggung
jawab kepada Kepala Sekolah atas terlaksananya Kegiatan
Pembelajaran praktik dan pengelolaan labor.
WEWENANG.
·
Merencanakan dan melaksanakan seluruh kegiatan Kegiatan Pembelajaran praktik
diKompetensi Keahlian Multimedia
TUGAS.
·
Menyusun Program Program keahlian Multimedia dan mengkoordinasikan pelaksanaannya yang meliputi :
·
Membuat program kerja (mingguan, bulanan,
semester, tahunan)
·
Bersama Wakil Kepala Bidang Kurikulum menyusun jadwal Kegiatan
Pembelajaran praktik..
·
Menentukan kebutuhan bahan dan alatKegiatan Pembelajaran Praktik.
·
Melaksanakan perbaikan dan perawatan sarana prasarana Kegiatan
Pembelajaran Praktik
·
Melaksanakan
pengembangan labor.
·
Mendalami
dan mengembangkan kurikulum sesuai
dengan program keahliannya
·
Mengkoordinasikan penggunaan
ruang praktik
·
Membantu Kepala Sekolah dalam peningkatan
profesi guru sesuai dengan Kompetensi
Keahlian.
·
Mengkoordinasikan tugas-tugas guru pada program keahliannya
·
Melakukan supervisi dan evaluasi KegiatanPembelajaran pada program keahliannya
·
Mengatur urusan administrasi meliputi catatan
kemajuan siswa dandata penginventarisasian yang ada
·
Membantu pelaksanaan 7 K dalam program keahliannya
·
Mengajar
12 jam pelajaran
·
Membuat
laporan berkala dan insidental
|
|
LABORAN MULTIMEDIA/KEPALA LABOR
|
TANGGUNG JAWAB
·
Bertanggung jawab kepada KetuaKompetensi Keahlian
Multimedia atasterselenggaranya kegiatan belajar
mengajar di laboratorium/ Labor
WEWENANG
·
Menyelenggarakan seluruh kegiatan yang dilaksanakan di labor/labortorium
TUGAS
·
Merawat, menjaga dan memelihara serta meemperbaiki
alat praktek dengan koordinasi
ketua program keahlian.
·
Menetapkan program Pembelajaran praktek serta
jadwal kegiatan penggunaanlabor/laboratorium.
·
Mengelola
administrasi kegiatan labor.
·
merencanakan Kebutuhan alat dan bahankegiatan praktek
·
Melaporkan
secara berkala keadaan peralatan labor
|
|
Ka. PRAKERIN
|
TANGGUNG JAWAB
·
Bertanggung
jawab kepada Ketua Kompetensi Keahlian atas terlaksananya Kegiatan PRAKERIN
WEWENANG.
·
Merencanakan dan melaksanakan seluruh kegiatan Kegiatan PRAKERIN
·
TUGAS. Menyusun Program kegiatan PRAKERIN dan mengkoordinasikan
pelaksanaannya yang meliputi
:
·
Membuat program kerja (mingguan, bulanan,
semester, tahunan)
·
Bersama
Ketua Kompetensi Keahlianmenyusun jadwal kegiatan PRAKERIN
·
Membuat jadwal Monitoring siswa PRAKERIN.
·
Membuat
daftar kelompok dan tempat siswa Prakerin
|
|
Ka. Lab
|
TANGGUNG JAWAB
·
Bertanggung jawab kepada Kepala Labor atas terselenggaranya kegiatan
belajar mengajar di laboratorium/
Labor
WEWENANG
·
Mengatur
keluar-masuk bahan dan peralatankegiatan
belajar mengajar di laboratorium/Labor dengan koordinasi kepala
labor
TUGAS
·
Merawat, menjaga dan memelihara sertamemperbaiki alat praktek dengan koordinasikepala
labor
·
Melayani dan membantu dalam persiapan bahan dan peralatan praktik dengankoordinasi guru
mapel praktik.
·
Membantu mengelola administrasi kegiatan bengkel.
·
Membantu merencanakan Kebutuhan alatdan bahan kegiatan praktek
·
Melaporkan secara rutin (harian) setelah selesai
kegiatan belajar mengajar dilabor/laboratorium
|
|
TEKNISI
|
TANGGUNG JAWAB
·
Bertanggung jawab kepada Kepala Lab
Multimedia atas kondisi
peralatan multimedia.
WEWENANG
·
Melaksanakan
seluruh pengecekan
kondisi peralatan Multimedia
TUGAS
·
Merawat, menjaga dan
memelihara serta memperbaiki peralatan
multimedia
·
Melaporkan
secara berkala (tri wulan)kondisiPeralatan
Lab kepada Lab Multimedia
|
|
TOOLS
|
TANGGUNG JAWAB
·
Bertanggung jawab kepada Kepala Lab Multimedia atas kelengkapan alat
dan ketertiban administrasi.
WEWENANG
·
Melaksanakan
seluruh kegiatan administrasi di
Kompetensi KeahlianMultimedia
TUGAS
·
Merawat, menjaga dan memelihara sertameemperbaiki kondisi
peralatan
·
Mengelola
administrasi kegiatan diKompetensi Keahlian Multimedia
·
Merencanakan Kebutuhan administrasi diKompetensi Keahlian Multimedia
·
Melaporkan
secara berkala (tri wulan) kegiatan
administrasi di Kompetensi Keahlian
Multimedia kepada Ketua Lab Multimedia
|
C.
Program Kerja
No
|
Jenis Kegiatan dan urain Kegiatan
|
Tujuan
|
Indikator
|
A.
PENYUSUNAN
PROGRAM KERJA
|
|
Menyusun rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh
ketua Kompetensi Keahlian selama 1 tahun pelajaran
|
Identifikasi kegiatan – kegiatan Kompetensi Keahlian
Multimedia pada Tahun Pelajaran2015 / 2016 PerumusanTujuan,
Indikator keberhasilan, waktu pelaksanaan dan
rencana pelaksanaan dari seluruh kegiatan Kompetensi Keahlian Multimedia
|
Tersusunnya program kerja Kompetensi Keahlian
Multimedia tahun Pelajaran 2015 /2016
|
|
|
|
|
B.
Persiapan Kegiatan Pembelajaran
|
1
|
Penyusunan JadwalPembelajaran Praktek
|
Membuat jadwal kegiatan praktek mata
pelajaran Kompetensi Keahlian beserta guru pengampunya
|
Tersusunnya jadwal pembelajaran
praktek Kompetensi Keahlian Multimedia SMK 6 TEBO Tahun
Pelajaran2015 / 2016
|
2
|
Membuat
tata tertib Labor
|
Membuat tata tertibLaboratorium
|
Adanya tata tertib penggunaan laboratorium
|
3
|
Menentukan kebutuhan bahan dan alat Kegiatan Pembelajaran Praktik
|
Membuat daftar kebutuhan bahan
dan alat Kegiatan Pembelajaran Praktik
|
Tersusunnya daftar kebutuhan
bahan dan alat Kegiatan Pembelajaran Praktik
|
4
|
Merencanakan program PRAKERIN
|
Menyusun Program kegiatan PRAKERIN dan
mengkoordinasikan pelaksanaannya
|
Tersusunnya Program kegiatan PRAKERIN
|
C.
Pelaksanaan Kegiatan
Pembelajaran
|
1
|
Mengkoordinasikan tugas-tugas guru KompetensiKeahlian Multimedia
|
Mengevaluasi jalannya pelaksanaan
kegiatan Pembelajaran sesuai dengan perencanaan kegiatan
|
Pelaksanaan kegiatan Pembelajaran terevaluasi
|
2
|
Supervisi KBM Guru
|
Mengetahui metode guru dalam proses
KBM Mengevaluasi metode gurudalam KBM Memberi masukan metode guru dala KBM
|
Adanya panduan metode guru dalam KBM
yang berinovasi
|
3
|
Pemantauan dan koordinasiPelaksanaan PRAKERIN
|
Mengetahui Pelaksanaan Kegiatan
PRAKERIN
|
Jadwal monitoring dan Pelaksanaan monitoring
siswa PRAKERIN
|
D.
Evaluasi dan
Penilaian
|
1
|
Evaluasi KompetensiHarian
|
Melaksanakan evaluasi kompetensi
harian setiap guru Kompetensi Keahlian Multimedia
|
Adanya nilai per Standar
Kompetensi
|
2
|
Evaluasi KompetensiTerprogram
|
Melaksanakan evaluasi kompetensi
terprogram setiap blok
|
Adanya nilai akhir per Standar
kompetensi
|
4
|
Evaluasi KegiatanPRAKERIN
|
Melaksanakan evaluasi Kegiatan
PRAKERIN
|
Adanya Daftar Nilai PRAKERIN
|
5
|
EEvaluasi Kelulusan
|
Mengadakan uji kompetensiTugas akhir
|
Adanya Nilai tugasakhir dari DU/DI
|
E.
Peningkatan Mutu
dalam KBM
|
1
|
Penambahan jam KBM prroduktif praktik/teoriyang berkaitan dengan
UjiKompetensi
|
Siswa tidak lulus UjiKompetensi kurang
dariatau sama dengan 5 %
|
Tercapainya standar kelulusan 95
%
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. Rencana
Pelaksanaan
No
|
Jenis Kegiatan dan Uraian Kegiatan
|
Indikator
|
|
Periode Implemantasi
|
Penanggung Jawab
|
Ket
|
|
Tahun
2015/2016
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|
A.
|
B.
Penyusunan
Program Kerja
|
|
Menyusun rencana kegiatan yang akan
dilaksanakan oleh ketua Kompetensi Keahlian selama 1 tahun pelajaran
|
Tersusunnya program kerja multimedia
sesuai dengan kurikulum Tahun
Pelajaran 2015 /2016
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
Kajur Multimedia
|
|
C.
|
D.
Persiapan
Kegiatan Pembelajaran
|
1
|
Penyusunan JadwalPembelajaran Praktek
|
Tersusunnya jadwal pembelajaran
praktek Kompetensi Keahlian Multimedia SMKN 6 Tebo Tahun Pelajaran 2015
/ 2016
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
Kajur Multimedia
|
|
2
|
Menentukan kebutuhan bahandan alat Kegiatan Pembelajaran Praktik
|
Tersusunnya daftar kebutuhan
bahan dan alat Kegiatan Pembelajaran Praktik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kajur Multimedia
|
|
3
|
Merencanakan programPRAKERIN
|
Tersusunnya Programkegiatan PRAKERIN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
E.
|
F.
Pemantauan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran
|
1
|
Mengkoordinasikan tugas-tugasguru Kompetensi KeahlianMULTIMEDIA
|
Pelaksanaan kegiatanPembelajaran
terevaluasi
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Supervisi KBM Guru
|
Adanya panduan metode guru dalam KBM yang berinovasi
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Supervisi administrasi KBMGuru
|
Setiap guru mempunyaiadministrasi KBM
Guruyang lengkap
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pemantauan dan koordinasiPelaksanaan PRAKERIN
|
Jadwal monitoring danPelaksanaan
monitoringsiswa PRAKERIN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
G.
|
H.
Evaluasi dan Penilaian
|
1
|
Evaluasi Kompetensi Harian
|
Adanya nilai per Standar Kompetensi
|
|
X
|
|
X
|
|
X
|
|
X
|
|
X
|
|
X
|
|
X
|
|
|
2
|
Evaluasi KompetensiTerprogram
|
Adanya nilai akhir per Standar
kompetensi
|
|
|
|
X
|
|
|
X
|
|
X
|
|
X
|
X
|
|
|
|
|
3
|
Evaluasi Kenaikan tingkat
|
Adanya berita acara hasilverifikasi kenaikantingkat
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
4
|
Evaluasi Kegiatan PRAKERIN
|
Adanya Daftar Nilai PRAKERIN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Evaluasi Kelulusan
|
Adanya Nilai tugas akhir dari DU/DI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB III
PENUTUP
Program Kerja Ketua Kompetensi Keahlian Multimedia SMK
Negeri 6 Tebo yang telah tersusun ini akan
dapat menjadi acauan dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di
Kompetensi Keahlian Multimedia .
Dalam realiasasi pelaksanaannya
membutuhkan kerja sama personal tim dalam urusan kurikulum dan seluruh
warga di SMK Negeri 6 Tebo sesuai dengan tupoksi masing-masing maka akan
mendukung kelancaran proses
KBM dan tercapainya Visi, Misi dan Tujuan Sekolah.
Akhirnya, atas
kerja sama semua pihak dalam penyusunan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pogram kerja ini
diucapkan banyak terima kasih.
Lampiran - lampiran :
RENCANA STRATEGI PRODI MULTIMEDIA
2014
– 2015 : Mewujudkan Peningkatan mutu, dan kredibilitas.
2016
– 2020 : Mewujudkan SMK yang mengisi pasar Nasional
1.Menerapkan
manajemen mutu
a.
Menyusun Rencana Strategis Lima Tahunan
b.
Menjabarkan
Renstra dalam Program KerjaTahunan
c. Struktur
organisasi disesuaikan dengan kebutuhan
d. Setiap jabatan
mempunyai Uraian Tugas dan Kriteria Unjuk Kerja yang jelas
e. Menyusun
Indikator Keberhasilan bagi setiap kegiatan
f.
Mengevaluasi kegiatan untuk merancang program peningkatan
mutu berikutnya.
g. Menerapkan
sistem Reward dan Punishment pada siswa.
2.Menerapkan
KBK yang berorientasi Kecakapan Hidup
Tujuan
pembelajaran berorientasi pada penguasaan kecakapan yaitu
a)Kecakapan proses penemuan;
b)
Kecakapan konsep keilmuan;
c)Kecakapan aplikasi dan
d)Kecakapan sosialisasi.
·
Proses
pembelajaran berpusat pada siswa (student centered).
·
Program
pemelajaran terdiri dari materi pelajaran esensial yang minimal harusdikuasai
siswa. Melaksanakan PBM secara efektif, individual, dan ada waktukhusus untuk remidial. Melakukan pengukuran yang
mengacu pada KUK,dengan mempertimbangkan Pengetahuan, Keterampilan, Sikap, pada
setiap akhir
sub kompetensi.
·
Membangun
SIM PENILAIAN secara komputerisasi
·
Pelaporan
perkembangan siswa setiap 10 minggu.
4. Mengembangkan sistem quality control dan quality assurance
Setiap kegiatan dan tugas dilaksanakan berdasarkan
Prosedur OperasiStandar (POS). Setiap kegiatan dan tugas selalu diukur
tingkat ketercapaian dan penyimpangannya dengan menggunakan kuesioner. Jaminan
mutu pendidikandicapai melalui pengendalian masing-masing komponen.
5. Menciptakan atmosfir akademik yang nyaman dan
kondusif
·
Tidak
ada guru terbang; Guru stand by selama satu hari penuh dari jam 7.00 – 13.30.
·
Guru
melayani kebutuhan siswa tidak dibatasi ruang dan waktu.
·
Guru
& staf bekerja karena ikhlas mengharap ridhoTuhan.
·
Siswa
belajar juga karena ikhlas mengharap ridho Tuhan.
·
Mewujudkan
Learning Organization
·
Menggunakan media pemelajaran yang
bervariasi.
·
Moving
Class.
·
Memfasilitasi
minat dan bakat siswa.
·
Menciptakan
lingkungan sekolah yang bersih, indah, sehat dan aman.
6. Mengembangkan Sistem Rayonisasi Gugus Siswa
·
Peserta
didik dari semua tingkatan dikelompokkan berdasarkan rayon tempat tinggal.
·
Setiap rayon gugus siswa membentuk pengurus dan
dibimbing oleh GuruPembimbing
yang juga berfungsi sebagai Konselor.
·
Pembagian
rapot dilaksanakan melalui Guru Pembimbing Rayon.
·
Setiap rayon memiliki kewajiban sebagai petugas upacara,
menjagakebersihan serta menjaga tertib
& kedisiplinan sekolah.
·
Setiap
rayon mengembangkan kegiatan
a) Pengayaan
akademik,
b) Kepedulian social dan
c) kewirausahaan.
7. Mengasah
spiritual, motivasi, dan entrepreneurship.
·
Siswa
membaca asmaul husna selama 5 menit setiap pagi hari
·
Membina
semua guru untuk mampu memberikan motivation achievment.
·
Melibatkan
murid dan guru dalam pengelolaan Unit Usaha Sekolah.
·
Menggunakan hari Sabtu sebagai hari: kuliah umum oleh guru
tamu tentangkewirausahaan,
wawasan dunia kerja, kesehatan, dsb.
·
Pengayaan
kegiatan ektra-kurikuler
8. Menegakkan
kedisiplinan bagi seluruh warga sekolah.Menyusun kesepahaman antara :
·
Orang tua dengan sekolah
·
Siswa dengan sekolah
·
guru & staf dengan pimpinan sekolah
9.
Setiap pelanggaran dan prestasi diberi bobot score,
dicatat di computer untuk dilihat
setiap saat.