No
|
KD
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
BS
|
NS
|
TK
|
1
|
3.2.
Mengevaluasi gerak lurus dan gerak melingkar dengan kelajuan tetap atau
percepatan tetap dalam kehidupan sehari-hari
|
GLB
|
Disajikan kegiatan olahraga lari jarak pendek tertentu.
Lima siswa A, B,C,D,E mempunyai kecepatan yang berbeda satu sama lain. Guru
menugaskan siswa A untuk menghitung waktu rata-rata yang dibutuhkan dari
kelima
|
PG
|
1
|
C5
|
2.
|
|
GLBB
|
Disajikan
sehelai bulu ayam dan sebutir batu dijatuhkan secara bersamaan dari
ketinggian yang sama didalam ruang hampa udara dan tampa kecepatan awal.
Menyimpulkan keadaan fisis dua benda tersebut
|
PG
|
2
|
C5
|
3
|
|
GLBB
|
Disajikan sebuah bola dengan massa diketahui dilepaskan dari ketinggian diatas tanah. Kemudian dilakukan evalusi
rumus waktu yang tepat bola mencapai tanah apabila percepatan grafitasi
diketahui
|
PG
|
3
|
C5
|
4
|
|
GLBB
|
Disajikan seseorang mengedarai mobil dengan kecepatan
tertentu, tiba-tiba melihat seorang anak kecil ditengah jalan pada jarak
diketahui didepannya. Kesimpulan yang akan terjadi peristiwa pada mobil, bila
dilakukan pengereman diketahui
|
PG
|
4
|
C5
|
5
|
|
GMBB
|
Disajikan sebuah benda gerak melingkar yang
diketahui kecepatan sudut awal dan percepatan sudutnya. Mengukur Kecepatan
benda tersebut pada waktu tertentu
|
PG
|
5
|
C5
|
6
|
|
|
Disajikan sebuah sepeda motor berbelok mengelilingi
lingkaran dengan diameter dan kelajuan
diketahui untuk mengukur percepatan sentripental
|
PG
|
6
|
C5
|
7
|
3.3.
Menganalisis gerak dan gaya dengan
hukum-hukum newton
|
Hukum-Hukum
Newton
|
Disajikan
Kelas X Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Dua (2) mengadakan kunjungan kerja ke
PT Yamaha Motor Tbk menyewa bus. Pada saat diperjalanan karena
sebab tertentu mobil yang ditumpangi oleh peserta didik direm. Menganalisis
Peristiwa yang dialami penumpang dalam mobil tersebut
|
PG
|
7
|
C4
|
8
|
|
Hukum
Newton
|
Disajikan
sebuah benda bermassa ditarik dengan tali dan bergerak keatas. Mengukur besar
tegangan tali dengan percepatannya diketahui
|
PG
|
8
|
C4
|
9
|
|
Hukum
Newton
|
Disajikan
pada katrol dimana massa tali, massa katrol dan gaya gesekan di abaikan. Percepatan
benda dan tegangan talinya dilakukan pengukuran bila diketahui Massa benda A
dan B
|
PG
|
9
|
C4
|
10
|
3.4.
Menganalisis hubungan hubungan usaha, energi, daya dan efisiensi
|
Usaha
|
Disajikan sebuah
mobil mempunyai massa yang melaju. Tiba-tiba mobil berhenti dengan jarak dan
gaya diketahui saat pengereman. Menganalisis usaha yang dilakukan untuk
pengereman mobil tersebut
|
PG
|
10
|
C4
|
11
|
|
Energi
|
Disajikan benda
mempunyai kecepatannya berubah menjadi 3x dari semula, mendeteksi energi
kinetik benda tersebut berubah menjadi...dari semula
|
PG
|
11
|
C4
|
12
|
|
Energi
|
Disajikan dua benda
A dan B masing-masing bersama m, jatuh bebas dari dari ketinggian h dan 2h.
Menganalisis energi kinetik B saat menyentuh tanah, jika A menyentuh tanah dengan kecepatan v
|
PG
|
12
|
C4
|
13
|
|
Energi
|
Disajikan benda A
tiga kali massa benda B dan kecepatan benda A setengah kali dari kecepatan
benda B. Perbandingan energi kinetik benda A dengan dan energi kinetik benda
B.
|
PG
|
13
|
C4
|
14
|
3.5.
Menerapkan konsep momentum, implus dan hukum kekekalan momentum
|
Momentum
|
Disajikan
sebuah benda bermassa bergerak dengan
kecepatan tertentu. Hitunglah besar momentum benda tersebut
|
PG
|
14
|
C3
|
15
|
|
Momentum
|
Disajikan
benda bermassa bergerak dipercepat kemudian berhenti. Menghitung besar
momentum benda mula-mula bila diketahui percepatan dan waktu
|
PG
|
15
|
C3
|
16
|
|
Tumbukan
|
Disajikan
sebuah truk yang bermassa menabrak sebuah pohon. Menentukan besar gaya truk
selama berlangsungnya tabrakan bila diketahui kecepatan dan waktu
|
PG
|
16
|
C3
|
17
|
|
Tumbukan
dan Momentum
|
Disajikan
benda bermassa dijatuhkan tampa kecepatan awal dari ketinggian tertentu.
hitunglah momentum benda ketika menumbuk permukaan tanah
|
PG
|
17
|
C3
|
18
|
3.6.
Menganalisis kekuatan bahan dari sifat elastisitasnya
|
Regangan
|
Disajikan
dua kawat yang berbeda dari bahan yang sejenis dan kedua mempunyai panjang
yang sama. Diameter A dan B berbeda dan gaya tariknya sama. Perbandingan
pertambahan panjang kawat A dan B
|
PG
|
18
|
C4
|
19
|
|
Regangan
|
Disajikan
batang dengan panjang mula-mula ditarik oleh gaya. Medeteksi rumus
pertambahan panjang apabila diketahui luas penampang batang dan modulus
elastisitas
|
PG
|
19
|
C4
|
20
|
|
Konstanta
pegas
|
Disajikan
seorang pelajar yang mempunyai massa gr bergelantungan pada ujung sebuah
pegas sehingga pegas bertambah panjang menjadi mm. Menganalisis nilai konstanta pegas
|
PG
|
20
|
C4
|
21
|
|
Modulus
elastisitas
|
Disajikan
dua kawat x dan y yang memiliki panjang a dan b ditarik gaya yang sama dengan kelajuan tertentu terjadi penambahan
panjang c dan d. Jika kawat y = 2x, perbandingan modulus elastisitas kawat x
terhadap y
|
PG
|
21
|
C4
|
22
|
4.8
Melakukan percobaan sederhana
berkaitan dengan hukum-hukum fluida statis dan fluida dinamis
|
Penerapan
hukum Arcimedes
|
Disajikan
Nadia mengamati gerak ikan yang
mengalami perbedaan kondisi melayang, terapung dan tenggelam. Saat terapung akan mendapatkan pegaruh gaya
ke atas yang berbeda dengan ikan melayang maupun tenggelam. Ikan akan tenggelam jika ρb > ρf ; Wu = Wf, dan ikan akan melayang jika....
|
PG
|
22
|
C3
|
23
|
|
|
Disajikan
hasil eksperimen satu sendok larutan pewarna
yang memiliki massa ketika
dicelupkan ke dalam larutan air garam diperoleh larutan pewarna dapat
mengapung diatas permukaan air garam. Kesimpulannya adalah
|
PG
|
23
|
C3
|
24
|
|
|
Disajikan
hasil eksperimen satu sendok larutan pewarna
yang memiliki massa ketika
dicelupkan ke dalam larutan air garam diperoleh larutan pewarna dapat
melayang dibawah permukaan air garam dan diatas dasar air garam .
Kesimpulannya adalah
|
PG
|
24
|
C3
|
25
|
|
|
Disajikan
hasil eksperimen satu sendok larutan pewarna
yang memiliki massa ketika
dicelupkan ke dalam larutan tampa air garam diperoleh larutan pewarna
tenggelam. Kesimpulannya adalah
|
PG
|
25
|
C3
|