Assalamualaikum
Sahabat Kuncimedia
Salam
Berbudi.....Pembaruan panduan Aplikasi helpdesk Dapodik sudah dipublikasikan.
Aplikasi Helpdesk digunakan untuk membantu menangani permasalahan pengguna/user
terkait dengan kedala teknis,implementasi,informasi serta sepuutar
transaksional yang berhubungan dengan dapodik.
Adapun
langkah-langkah panduan aplikasi helpdesk dapodik adalah sebagai berikut ;
Silahkan
akses laman : htt://dapo.dikmen.kemedikbud.go.id/. kemudian klik pada
tab”Helpdesk”, perhatikan gambar dibawah ini.
Keterangan
gambar : A). Beranda : tambol untuk kembali ke beranda awal aplikasi Helpdesk
dapodik. B). layanan : Tombol untk memlihih jalur ppengajuan layanan di
Helpdesk untk pengguna sebagai Guest/tamu, tersedia 2 macam yaitu melalui Front
Office dan web. C).FAQ : tombol untuuk melihat FAQ/daftar pertanyaan yang
sering muncul pada penggunaan aplikasi Helpdesk. D). Cari Tiket : Tombol untuk
pencarian tiket untuk mengecek pengaduan yang telah kita lakukan. E). Logi :
Tombol untuk login bagi pengguna yang sudah terdaftar disistem jaringan
pengelola data pendidikan di laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. F). Halaman terkait
: link untuk ke website dapodikdas dan dapodikmen. G). Berita : berita-berita
yang terkait dengan dapodik SMA/SMK yang ditampilkan di laman : http://dapo.dikmen.kemdikbu.go.id/.
Selanjutnya
dari berenda aplikasi helpdesk dapodik pengguna dapat masuk kesystem aplikasi
uuntuk mengajukan pertanyaa. Ada 2 jenis pengguna di aplikasi ini yaitu
pengguna aktif dan Guest/tamu
Berikut diuraikan tata
cara penggunaan aplikasi helpdesk dapodi berdasarkan jenis penggunanya :
Jika sebagai “penguna
aktif” langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Dari
beranda klik tombol “Log in”
2. Akan
muncul login sdm.data.kemdikbud.go.id seperti berikut ;
3. Setelah
login berhasil makan nama user/pengguna akan tampil dipojok kanan atas dann
uuntk mengajukan pertanyaan maka klik pada tab”pengaduan”
4. Maka
akan tampil form”pengaduan” seperti dibawah ini :
Keterangan
gambar :
A). Pilih klasifikasi : pilih jenis klasifikasi layanan yang
diinginkan
B).
Tab isi pengaduan : masukkan masalah pengaduan yang akan disampaikan ke tim
helpdesk, bias juga disertai gambar.
C). Submit : setelah kita masukkan
pengaduan kita silahkan klik tombol ini untuk mengirim pengaduan kita
Klik
“Pengajuan” maka akan tampil seperti berikut :
Keterangan
gambar : 1). Menampilkan data pengaduan yang telah kita ajukan berdasarkan
layanan, klasifikasi dan waktu. 2).“Antrian” artinya daftara pengaduan yang
telah diajukan yang saat ini sedang masuk antrian untuk mendapatkan tanggapan
dari CS. 3). “Proses” artinya pengaduan kita yang dudah diprosess oleh CS. Dan
selanjutnya dapat memberikan status “Selesai” jika pengaduan sudah mendapatkan
tanggapan dan kita anggap sudah tuntas. 4). “Selesai” artinya daftar pengaduan
dari kita yang statusnya telah selesai dan telah dijawab/diproses oleh CS. 5).
“Tutup” artinya pengaduan statusnya telah ditutup. 6). “Lihat” artinya untuk
melihat secara detail pengaduan kita.
Langkap
pengaduan dikatakan sudah selesai sebagai berikuti :
1. Klik
tombol ” “lihat" maka akan muncul tampilan sepeti berikut :
2. Klik
tombol “Selesai” untuk menyatakan pengaduan yang kita ajukan sudah terselesaikan
Jika sebagai
“Guest/tamu” lakukan langkah sebagai berikut :
Dari
beranda klik tombol “layanan”
Akan
muncul 2 pilihan yaitu web dan front office
1).
Silahkan pilih salah satu misal web : akan muncul jendela “Data pengunjung
“seperti dibawah ini :
2).
Selanjutnya klik Tombol “Submit” untuk mengirim pegaduan
3).
Nomor tiket pengaduan akan dikirim melalui email yang telah dimasukkan pada
form “Data Pengunjung”
Aplikasi
Helpdesk dapodik juga menyediakan fasilitas pengecekan pengaduan melalui
pencarian berdasarkan nomor tiket, berikut tata caranya :
1).
Dari halaman beranda cermati kolom “Cari Tiket”
2).
Masukkan nomor tiket ditab”cari tiket”, kemudian tekan “Enter” pada keyboard
3).
Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti ini
4).
Masukkan email yang telah terdaftar saat mengirim pengadua, kemudian klik tombol
“panah”
5). Maka akan
ditampilkan pengaduan yanh telah diajukan
Demikianlah informasi pembaruan aplikasi helpdesk dapodik SMA-SMK 2016. Semoga segera ditidaklanjuti oleh seluruuh operator sekolah dalam mengajukan permasalahan atau pengaduan data dapodik. Semoga info bermanfaat.